cialisvs.com

Blog Seputar Tips Traveling Kuliner Lifestyle dan Properti

Mengenal Fungsi, Jenis, dan Bahan Fitting Pipa

Fitting pipa adalah salah satu komponen paling utama dalam hal pipa dan pengunaannya yang memiliki fungsi untuk merubah, membesarkan, mengecilkan, dan menyebarkan aliran. Fitting merupakan komponen utama karena komponen ini akan selalu digunakan.

Fitting digunakan untuk pengelompokkan, bukan hanya untuk individu. Di dalam fitting terdapat berbagai macam komponen pemipaan yang lain. Namun apakah Anda sudah tahu mengenai fungsi, jenis, dan bahan dari fitting itu sendiri? Mari simak artikel berikut ini.

  1. Fitting Elbow

Elbow adalah komponen dari pipa yang berfungsi untuk membelokkan arah aliran fluida. Elbow memiliki 2 jenis yang sering dicari adalah elbow 45 dan 90 derajat. Agar sudut yang diperoleh sudut lain dari 45 dan 90 derajat elbow bisa dipotong.

Anda juga bisa menggunakan 2 elbow sekaligus untuk membentuk sudut tertentu. Di pasaran, elbow memiliki 2 tipe yaitu type short radius dan long radius. Akan tetapi yang sering digunakan adalah long radius yang memiliki besar diameter 1.5 kali NPS.

Meskipun memiliki ukuran yang berbeda-beda, umumnya diameter dari elbow itu sendiri sama. Jika kita tidak akan menggunakan elbow untuk membelokan aliran. Anda bisa menggunakan miter. Karena fungsi miter itu sendiri sama seperti elbow.

Baca Juga : Jenis Fitting pada Pipa yang Perlu Anda Kenali

  1. Fitting Tee

Fitting tee ini bertugas untuk membagi aliran dengan mencabangnya. Pada dasarnya cabang ini memiliki ukuran yang sama dengan pipa utamanya yang sering Anda sebut dengan straight tee, dan ukuran yang berbeda sering Anda sebut dengan reducing tee.

  1. Fitting Reducer

Sesuai dengan namanya fitting ini bertugas untung mengurangi aliran fluida. Berbeda dengan velve fitting ini menggunakan metode pengurangan pipa dan akan menghubungkan dari diameter yang besar ke kecil, atau bahkan sebaliknya.

  1. Stub-in

Mirip dengan fitting tee, jenis stub-in ini berfungsi membagi aliran. Perbedaannya terletak pada item yang menghubungkan. Jika fitting tee item yang digunakan terpisah dengan si penghubung pipa, stub-in ini bercabang langsung dari pipa utama untuk menggantikan reducing tee.

  1. Fitting Cap

Nah berbeda dengan fitting lainnya. Fitting cap ini berfungsi untuk menghentikan aliran pada ujung pipa yang di las langsung dengan pipa utamanya. Penutup aliran sulfida yang dapat dibongkar dan dilepas.

Nah itulah beberapa jenis fitting pipa sesuai dengan kegunaannya. Rucika adalah pipa yang bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Rucika.co.id juga bisa menjadi pilihan Anda saat memrlukan pipa yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *